BLOGGER TEMPLATES AND Gaia Layouts »

Rabu, 24 Februari 2010

UBIQUITOUS COMPUTING IN OUR LIFE;Tugas 2

TEKNOLOGI

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dalam kehidupan kita. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

UBIQUITOUS COMPUTING

Konsep Ubiquitous computing yang diusulkan oleh Mark Weiser [1993] telah berkembang menjadi kenyataan mulai dari perangkat[device] mikro sampai dengan teknologi jaringan dan aplikasinya.

Kata ‘Ubiquitous’ menurut kamus Merriam-Webster bisa diartikan sebagai ‘ada di berbagai tempat dalam waktu yang sama’. Sehingga konsep ubiquitous computing, atau ubiquitous network itu mungkin bisa diterjemahkan secara sempit misalnya sebagai kemampuan akses ke sebuah jaringan (internet) di mana saja dan kapan saja.

Walau sebagian besar masyarakat umum belum menyadarinya namun pada dasarnya saat ini kita telah berada di era ketiga dari revolusi komputer, yaitu era ubiquitous computing. Era di mana komputer dapat ditemukan di mana saja, di telepon seluler, toaster, mesin cuci, mesin game, bahkan pada kartu pintar (smart card). Bila pada era pertama dari revolusi komputer ditandai dengan komputer mainframe yang berukuran raksasa dan digunakan bersama-sama oleh banyak orang (one computer many people), era kedua ditandai dengan eksistensi dan perkembangan dari personal computer (one computer one person), maka pada era ketiga ini seseorang dalam kehidupannya sehari-hari dapat berinteraksi dengan banyak komputer (one person many computers).

Ubiquitous computing merupakan penggunaan komputer generasi terbaru. Kalau dulu orang memakai main frame komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang digunakan secara massal, tapi zaman ubiquitous computing ini, maka komputerisasi dapat digunakan bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun, secara personal misalkan tombol-tombol mesin cuci, tombol-tombol microwave, oven yang perintahnya dibaca oleh layar yang ada di mesin tersebut, secara tidak langsung merupakan jenis penggunaan komputer di kehidupan sehari-hari. Tidak perlu menggunakan komputer yang ada monitornya.

Pada ubiquitous network akan menawarkan banyak kelebihan sebagai berikut :

1. Ubiquitous network menyediakan jaringan akses pita lebar dengan kemampuan mobilitas.

2. Ubiquitous network memungkinkan untuk dapat berkomunukasi tidak hanya dengan computer tetapi juga mampu berhubungan dengan apapun, telepon bergerak, PDA, mesin game, sistem navigasi kendaraan, TV digital, RFID yang menempel pada obyek, kemera dan sebagainya.

3. Ubiquitous network memungkinkan penggunaan konten tidak hanya berupa data,teks dan gambar. Tetapi juga transmisi gambar animasi, suara dan video. Solusi yang memuaskan menekan kebutuhan para pemakai dan pemanfaatan platform yang menjamin pertukaran informasi dan implementasi transaksi komersil dengan aman.


E LEARNING

E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internetE learning merupakan suatu teknologi yang baru di Indonesia. Dalam pembelajaran ini pengajar cukup meng-upload bahan-bahan ajar pada situs e-learning dan peserta didik dapat mempelajarinya dengan membuka situs tersebut.

E learning merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. Dengan demikian, teknologi informasi dapat dipandang secara positif sebagai media yang menyediakan dan membantu interaksi antara pengajar dan peserta didik dalam mengefisienkan dan mengefektifkan pembelajaran.

HUBUNGAN UBIQUITOUS COMPUTING DENGAN E LEARNING

Ubiquitous computing berarti komputerisasi yang sudah menjamah semua aspek kehidupan kita. Sedangkan e learning merupakan pembelajaran berbasis atau menggunakan elektronik. Maka, setiap orang yang menggunakan komputer pada jaman ini otomatis harus mengerti atau belajar tentang penggunaan elektronik. Bila tidak maka proses pembelajaran tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Perangkat komputer baru ini mungkin lebih cocok untuk pendidikan ketimbang komputer personal. Murid akan lebih mudah menggunakan perangkat komputer ini dalam proses belajar karena jaringannya lebih murah, dapat memampukan murid untuk membawa perangkat ini ke lapangan untuk mengerjakan tugasnya.


DAFTAR PUSTAKA
Santrock,John W.2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta:Prenada Media Group
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis TIK.Bandung : Alfabeta

www.batan.go.id/sjk/eII2006/Page06/P06m.pdf


Nama :Santa Vinensia Samosir

Nim :091301055

Tanggal:24 Februari 2010


0 komentar: