BLOGGER TEMPLATES AND Gaia Layouts »

Senin, 24 Mei 2010

UAS

Baru kali ini ngerasain ujian online,,,,
pengalaman baru buat seorang Santa.
satu kata buat hal ini,,,,
seruuuuuuuuuu.......

dan buat ibu Dina,,
makasih banyak buat segalanya,,
yang selalu buat kami penasaran akan hal" baru yang akan didapat dari mata kuliah pendidikan,,
jgn berhenti ngajarkan hal" baru buat kami y bu...

6 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 1. Santa, coba uraikan berdasarkan teori psikologi pendidikan, postingmu di bagian UAS ini bisa dijelaskankah?
"Baru kali ini ngerasain ujian online,,,,
pengalaman baru buat seorang Santa.
satu kata buat hal ini,,,,
seruuuuuuuuuu.......

dan buat ibu Dina,,
makasih banyak buat segalanya,,
yang selalu buat kami penasaran akan hal" baru yang akan didapat dari mata kuliah pendidikan,,
jgn berhenti ngajarkan hal" baru buat kami y bu..."

santa samosir mengatakan...

Maksud dari kalimat-kalimat saya di atas adalah bahwa pembelajaran secara online merupakan pengalaman pertama bagi saya. Dulu saya tidak mengetahui bagaimana pembelajaran online yang sebenarnya dan melakukan kesalahan-kesalahan dalam proses belajar. Namun, lama kelamaan menjadi terbiasa dan melakukannya dengan efektif. Dari yang tidak bisa menjadi bisa. Hal ini disebut juga dengan pembelajaran(learning) yang dapat didefenisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan dan keterampilan berfikir yang diperoleh melalui pengalaman.Dari metode pembelajaran secara online dari matakuliah ini merupakan sarana bagi saya dalam mengembangkan pengetahuan baru dan cara berfikir saya.
Metode belajar dalam mata kuliah pendidikan ini menjadi motivasi bagi saya untuk meningkatkan kreatifitas. Yang mana kreatifitas adalah kemampuan berfikir tentang sesuatu dengan cara baru dan tak biasa dan menghasilkan solusi yang unik atas suatu problem. Ini membantu saya menjadi lebih kreatif dalam mencapai tujuan pembelajaran.Dalam setiap pertemuan saya selalu penasaran dengan wawasan baru yang akan saya dapat dari mata kuliah ini. Strategi belajar dalam mata kuliah pendidikan bisa memunculkan kreatifitas antara lain brainstorming, memberi lingkungan yang memacu kreatifitas, mendorong motivasi internal, mendorong pemikiran fleksibel yang menarik.
Brainstorming adalah tekhnik dimana orang-orang dalam suatu kelompok didorong untuk menghasilkan ide kreatif saling bertukar gagasan dan mengatakan apa saja yang ada di pikiran mereka dan tampaknya relevan dengn isi tertentu(Rickards, 1999,Stenberg & Lubart,1995). Misalnya dengan membuat blog dan postingan-postingan yang menarik, membuat topik diskusi yang patut untuk didiskusikan dan menuangkan ide-ide kreatif kami dalam menjawab setiap kasus.Saya bisa menuangkan ide-ide kreatif saya melalui postingan-postingan dalam blog saya.
Dalam mata kuliah ini juga ditekankan kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman. Kami menggunakan teman sesama mahasiswa yang lebih ahli sebagai guru. Ingat bahwa menurut Vygotsky bukan hanya orang dewasa yang penting dalam membantu dalam mempelajari keahlian.Sesama mahasiswa juga bisa mendapat manfaat dari bantuan dan petunjuk dari temannya yang lebih ahli.Interaksi yang baik antar sesama mahasiswa membuat proses pembelajaran semakin lancar dan mudah.

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 2. Coba jelaskan berdasarkan teori psikologi pendidikan sehubungan dengan janji saya untuk men-deliveri nilai namun belum terlaksana.

santa samosir mengatakan...

Seorang guru/dosen menghabiskan lebih banyak waktu dalam penilaian. Dalam suatu analisis, mereka menghabiskan 20-30% waktu professional untuk menghadapi persoalan penilaian (Stiggins, 2001). Penilaian bukan hanya pencatatan apa yang diketahui dan dapat dilakukan murid, tetapi juga mempengaruhi pembelajaran dan motivasi mereka. Ide ini mempresentasikan perubahan cara pandang terhadap penilaian bahwa penilaian adalah hasil tersendiri yang diperoleh setelah instruksi selesai, menuju ke konsep integrasi penilaian dengan instruksi pengajaran.

Penilaian mencapai level mutu tinggi jika penilaian menghasilkan informasi yang reliable, valid dan berguna tentang kinerja murid (Carey, 2001). Penilaian bermutu tinggi juga harus adil (McMillan, 2001). Validitas dan reliabilitas akan mempengaruhi konsistensi dan akurasi dari inferensi atau kesimpulan guru dari informasi penilaian muridnya.

 Validitas adalah sejauh mana penilaian apa-apa yang hendak di ukur. Penilaian terhadap murid merupakan sampel dari pembelajaran murid (Gredler, 1999). Sumber informasi terpenting dari validitas adalah bukti yang berhubungan dengan isi pelajaran, sejauh mana penilaian itu merefleksikan apa yang di ajarkan (McMillanm, 2001).

 Reliabilitas adalah sejauh mana sebuah tes menghasilkan nilai yang konsisten dan dapat di reproduksi. Reliabilitas akan berkurang akibat kesalahan dalam pengukuran. Murid mungkin mempunyai pengetahuan dan keahlian yang cukup, namun tidak bisa mengerjakan tes dengan konsisten pada beberapa tes dikarenakan sejumlah faktor.

 Keadilan. Penilaian dikatakan fair apabila semua murid mendapat kesempatan yang sama dan menunjukkan kemampuan dan pengetahuan mereka(Rearden, 2001; Yung, 2001).

Ibu mungkin bukan hanya berprofesi sebagai dosen. tapi mungkin juga mempunyai profesi lain dan tugas-tugas lain. Dan jumlah kami yang lumayan banyak membuat ibu sulit untuk menuntaskan proses pembelajaran secara optimal bagi seluruh mahasiswa. Oleh karena ibu memiliki banyak aktivitas di kampus maupun di luar kampus, maka ibu sulit untuk mengevaluasi kami secara individu. Dan dalam kenyataannya proses evaluasi secara individu ini menyulitkan ibu dalam pemberian nilai dikarenakan jumlah kami yang terlalu banyak dan ibu hanya bekerja sendiri.

Ibu juga tidak ingin menilai kami secara unrelevan. Ibu memberikan penilaian dengan selayaknya sesuai dengan kemampuan kami. Maka dalam penentuan penilaian kepada kami ibu harus memperhitungkannya secara matang. Jadi dengan jumlah kami yang begitu banyak membuat ibu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam proses penilaian. Dan ibu menggunakan penilaian yang bermutu tinggi dalam menilai setiap hasil karya kami.

Jadi janji ibu untuk mendelivery nilai tugas kami masing-masing mengalami hambatan waktu. Dan kami menunggu dengan sabar agar penilaian yang ibu berikan memang pantas untuk kami terima.

psipddk3sks mengatakan...

Santa....
argumentasimu baik. Sayang kurang didukung dengan tata tulis yang baik, sehingga perlu effort lebih untuk mencermatinya :)

Skor UASmu 90.

santa samosir mengatakan...

maaf y bu kalo jawaban saya tidak seperti yg ibu harapkan. .
Untuk kedepannya saya akan lbh mencermatinya lagi dan brusaha lebih baik lagi. . .

Makasi iia bu. . .